728 x 90

artikel Sumedang


Orang Dewasa Juga Bisa Cacingan
13 Apr 2019 | 134 views

| | |




SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA - Meski program pemberian obat cacing dari  pemerintah hanya untuk anak-anak saja, nyatanya penyakit cacingan juga bisa mengenai orang dewasa. Sudah tahu belum apa saja gejala cacingan pada orang dewasa? Ini dia berbagai gejala cacingan pada orang dewasa, berdasarkan jenis cacing yang masuk ke dalam tubuh.

Pertama adalah akibat Cacing Gelang. Terdapat dua gejala yang dapat terjadi, tergantung ke bagian tubuh mana cacing itu menginfeksi. Organ tubuh yang biasa diserang adalah paru-paru dan usus. Gejala yang akan muncul saat terjadi infeksi cacing gelang di paru-paru yaitu batuk, nafas terasa pendek, dan dada teras a tidak nyaman.

Untuk gejala cacingan akibat Cacing Tambang adalah saat masuk pertama kali menembus kulit, larva cacing akan membuat gatal dan muncullah ruam. Selanjutnya orang akan mengalami diare setelah merasa gatal dan ruam sebagai akibat dari pertumbuhan parasit ini di dalam usus.

Gejala cacingan akibat Cacing Kremi memang jarang terjadi pada orang dewasa. Dewasa yang paling berisiko adalah anggota keluarga atau perawat yang mengurus anak yang terinfeksi cacing kremi. Jika perawat anak ini terkontaminasi cacing kremi, ia berisiko menularkan cacing ini saat berhubungan seksual.

Gejala cacingan akibat cacing pita terjadi akibat kontak antara manusia dengan feses binatang dan air yang sudah tercemar. Saat awal cacing pita masuk ke dalam tubuh manusia, di dalam tubuh akan menimbulkan berbagai gejala seperti sakit perut, muntah dan mual,  penurunan berat .

Terakhir, gejala cacingan akibat Cacing Cambuk. Jika orang pada wilayah ini mengonsumsi buah dan sayur yang masih terkontaminasi tanah sebab belum dicuci bersih, belum dikupas, dan belum dimasak, maka sangat berisiko cacing ini masuk ke dalam tubuh. Pada awalnya, orang yang terinfeksi ringan biasanya tidak mengalami gejala atau tanda apa pun. Jika semakin parah, orang yang mengalami infeksi berat karena cacing ini akan mengalami gangguan buang air besar.***(vrs)




sumber :