728 x 90

artikel Sumedang


12 April, Hari Bekal Nasional
13 Apr 2019 | 102 views

| | |




SUMEDANGKAB.GO.ID , KOTA- Tanggal 12 April kemarin adalah Hari Bekal Nasional. Hari ini diresmikan atau dikampanyekan oleh perusahaan alat rumah tangga ternama di tanah air Tahun 2013 lalu. Ketika diresmikan dulu, perusahaan ini menggandeng sejumlah perusahana makanan terbaik dan ternama juga beberapa kementerian nasional yang mendukung gerakan bawa bekal dari rumah.

Menurut salah satu konsultan perusahaan alat rumah tangga, Kamaliah Kuraesin, membawa bekal dari rumah lebih bergiiz, lebih praktis dan lebih hemat. Seseorang bisa mengukur berapa jumlah makanan yang akan kita makan dengan mempersiapkan bekal dari rumah.

Akhir pekan ini, saatnya yang tepat untuk menyiapkan bekal terlezat Anda untuk pergi ke luar rumah sebentar meski tak terlalu jauh, misalnya Tahura Gunung Kunci, Curug Cigorobog atau sejumlah wahana wisata air lainnya.

Berikut tipsnya.

  1. Bawalah makanan yang pas untuk bekal piknik, misalnya yang tidak berkuah terlalu banyak dan tidak mudah rusak seperti makanan yang bersantan atau mengandung krim/susu.
  2. Bila membawa makanan yang berkuah sebaiknya dibungkus dulu dalam plastik, lalu masukkan bungkusan tersebut ke dalam wadah kedap udara. Jangan langsung menyimpan maknan berkuah di dalam wadah supaya tidak tumpah.
  3. Kemas semua makanan di dalam plastik atau wadah tertutup agar tidak kering.
  4. Tempatkan nasi putih di dalam termos atau wadah tahan panas. Dengan begitu nasi tetap panas sesampai di  tujuan.
  5. Untuk minuman dingin sebaiknya es batu jangan langsung dicampurkan di dalamnya. Masukkan es batu dalam plastik, lalu simpan dalam cooling box.
  6. Bila perjalanan tidak terlalu jauh, es batu yang sudah dimasukkan ke dalam plastik dapat dimasukkan ke dalam minuman. Dengan begitu, minuman tetap dingin dan terasa manis karena tidak tercampur air yang mencair dari es batu.
  7. Bawalah peralatan makan sekali pakai yang sesuai dengan kebutuhan. Jadi tidak perlu membawa pulang peralatan makan yang kotor lagi.
  8. Jangan lupa juga membawa plastik sampah untuk membuang sampah.***(mth)



sumber :