728 x 90

artikel Sumedang


Kolontong, Stik Manis Berbalut Gula Merah
14 Apr 2019 | 217 views

| | |




Namanya Kolontong. Salah satu jenis makanan ringan berbentuk stik. Makanan sejenis opak ini mempunyai rasa manis gula merah. Banyak diproduksi di Desa Karedok, Kecamatan Jatigede.

Terbuat dari beras ketan. Beras ketan yang sudah ditanak, ditumbuk sampai kekentalan tertentu, kemudian hasil tumbukan dicetak melebar. Hasil cetakan yang sudah merata dijemur setengah kering, kemudian dipotong-potong dengan ukuran 2x5 sentimeter dan kemudian dijemur kembali sampai kering total.

Setelah itu, disiapkan godokan gula merah dalam kondisi cair. Kemudian bahan yang sudah kering dipotong-potong dengan ukuran 2x5 cm. Potongannya diaduk dengan godokan gula. Setelah proses tersebut baru disangray di wajan besar atau dioven, tapi pembakaran menggunakan arang, untuk menjaga kualitas rasa.

Ujang Yatna salah seorang perajin Kolontontong di Dusun Kampungkandang mengatakan kini perajin tidak banyak memproduksi kolontong dalam jumlah banyak.

Untuk harga,  perajin menjual dengan harga kisaran Rp 2.500- Rp 3.000 per bungkus.
Dengan kemasan yang sederhana Kolontong biasanya dipasarkan di daerah  Kadipaten, Majalengka. Bahkan ada pula dari luar daaerah untuk keperluan oleh-oleh. 

Kini para perajin terutama yang tergabung dalam Kelompok Wanita Tani (KWT) di Desa Karedok akan mengembangkan usaha tersebut.  “Memikirkan mesin yang bisa memproses pembuatan Kolontong, agar  produksi meningkat, karena Kolontong berpotensi untuk lahan usaha,” ujar Kades Karedok, Intab Sukarya.(mth)




sumber :