728 x 90

artikel Sumedang


Campoleh, Buah Tanpa Musim
15 Apr 2019 | 328 views

| | |




Campoleh atau sawo walanda. Padahal buah ini asal Meksiko dan kuba. Nama lain dari buah ini adalah alkesa atau sawo mentega. Buah ini dapat dikatakan langka karena hanya ada di beberapa daerah Jawa Barat. Tentu salah satunya di Sumedang dan dapat tumbuh dengan baik didaerah tropis. 

Campoleh memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut ditambah wanginya yang khas. Lapisan kulit campoleh biasanya berwarna kuning cerah, tipis dan mengkilap. Manfaat dari warna kuning ini sangat baik untuk menurunkan resiko mata katarak. 

Campoleh sangat bagus digunakan sebagai makanan pendamping diet, karena ternyata sangat rendah lemak namun masih tinggi Vitamin B dan Mineral. Jika berkunjung ke Sumedang buah campoleh akan sangat mudah dijumpai di Jalan Sumedang-Cirebon sepanjang jalan daerah Cihaur, Cimalaka atau jalan sebelum Paseh jika arah perjalanan kita dari Sumedang kota menuju Cirebon. Campoleh dapat dikatakan buah tanpa musim, karena hampir setiap hari buah ini ada, namun penjualannya belum begitu luas karena buah ini akan cepat busuk. Buah ini dijual Rp12.000/kg.

"Setiap hari jualan dan memang ada terus, karena mudah busuk dan rusak kita akali dengan tidak membuang pangkalnya," Ujar penjual buah kaki lima Enung Mitarsih (48).

Tumbuhan campoleh ini semakin langka karena semakin sedikit yang membudidayakannya, perlu ada inovasi produk berbahan buah ini. Buah yang kaya vitaman serta manfaat akan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dengan cara pelatihan pengolahan makanan berbahan dasar campoleh. [rtn]




sumber :