728 x 90

artikel Sumedang


Seribu Pesona Cibugel, Kecamatan di Puncak Perbukitan
15 Apr 2019 | 307 views

| | |




Berada di ketinggian 900-1.200 mdpl dan dikelilingi perbukitan yang indah, Kecamatan Cibugel,  Kabupaten Sumedang memberikan nuansa yang indah dengan keindahan potensi alamnya. Cibugel yang berdiri sekitar Tahun 1982 pemekaran dari Kecamatan Darmaraja, merupakan wilayah terujung sebelah tenggara Kabupaten Sumedang. 

Secara geografis, daerah yang berhawa sejuk itu memiliki luas 5.607 hektare.  Terbagi atas tujuh desa, yakni, Desa Jayamekar, Jayamandiri, Cibugel, Sukaraja kemudian Desa Buana mekar, Tamansari serta Desa Cipasang.

Menurut pemutakhiran data terakhir penduduk Kecamatan Cibugel  adalah 23.716 jiwa atau jika dirata-ratakan 3.500 jiwa per desa. Rata-rata profesi dari warga Cibugel adalah petani kebun dan mengolah lahan hampir 80 persen lahan kebun di Kecamatan Cibugel.

Kecamatan Cibugel berbatasan langsung dengan Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut di sebelah selatan. Disebelah barat dengan Kecamatan Sumedang Selatan kemudian di timur dengan Kecamatan Wado dan disebelah utara dengan Kecamatan Darmaraja. Dengan letak geografis seperti itu Cibugel menjadi cermin Kabupaten Sumedang untuk kabupaten lainnya di sebelah selatan.

Camat Cibugel, Cicin Sondali mengatakan, wilayahnya, memang merupakan lahan potensial untuk perkebunan seperti jagung, singkong, teh dan komoditas lainnya yang merupakan sumber mata pencaharian warga Cibugel pada umumnya.

Indikasi tersebut,  didukung oleh potensi alam yang hampir 80 persen merupakan kebun dan hutan, sehingga tidak bisa dipungkiri kalau perekonomian warga Cibugel didongkrak oleh komoditas hasil bumi “Karena memang wilayah kami adalah wilayah perkebunan jadi sumber mata pencaharian sebagian besar dari hasil tani kebun,” ujar Cicin Sondali, Selasa (16/4/2019).[nsa]




sumber :