728 x 90

artikel Sumedang


Cibugel Sagala Bisa
15 Apr 2019 | 243 views

| | |




Camat Cibugel, Cicin Sondali  mengakui kendati wilayahnya sangat memiliki berbagai potensi, namun belum bisa tereksplor secara maksimal. Pasalnya sarana insfrastruktur dan  sumber daya manusia masih belum bisa diberdayakan maksimal.

Kondisi geografis yang jauh dari wilayah lainnya, menjadi kendala yang paling menyolok. Sehingga wilayah Cibugel seperti terisolir dan sulit untuk berkembang dengan cepat menyaingi daerah lainnya. 

Camat menyatakan, wilayah Cibugel bisa menjadi wilayah untuk pengembangan wisata alam, karena alam Cibugel begitu indah dan berhawa sejuk layaknya di puncak perbukitan. Selain itu punya hamparan perkebunan teh yang luas yang memungkinkan bisa jadi “jugjugan” orang yang butuh istirahat dari segala aktivitasnya.

Hal itu benar adanya karena biasanya banyak orang yang sekedar ingin tahu indahnya kebun teh atau mencari komoditas lainnya yang sengaja datang ke wilayah Cibugel. “Tinggal bagaimana kita bisa mengemas dan memanfaatkan potensi alam yang ada. Dan ini sebenarnya sudah kami lakukan sejak dulu, tapi usaha kami belum maksimal,” ujarnya.

Selain sektor pertanian dan perkebunan Cibugel pada dasarnya sudah mengalami perkembangan yang signifikan dengan munculnya berbagai penunjang ekonomi seperti pertokoan, pabrik rumahan dan usaha kecil menengah yang dijalankan oleh individu maupun kelompok. Indikasi itu sudah terlihat seperti keberhasilan P2WKSS yang pernah menjadi wakil Jawa Barat ke tingkat nasional.   “Mesti belum terdata secara akurat, tapi perkembangan ekonomi selain dari sektor pertanian dan perkebunan sudah bisa dirasakan warga,” ucapnya.

Sektor lain yang belum bisa dikembangkan, sambung camat, belum adanya pasar yang representatif untuk ajang transaksi warga. Adapun pernah dibangun pasar di wilayah Cibugel belum bisa digunakan, karena faktor tempat dan jarak yang jauh dari wilayah pemukiman.

“Mungkin relokasi pasar atau membangun pasar di tempat yang strategis sebagai solusinya, agar warga Cibugel bisa dengan mudah bertransaksi jual beli dan memudahkan untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari sehingga tidak usah jauh ke luar daerah Cibugel,” katanya.

Ia optimis dengan modal mengembalikan rasa gotong royong yang masih dimiliki warga Cibugel, pihaknya bisa bangkit dan membangun tatanan disegala bidang. Dan bisa menggali segala potensi alam yang dimiliki wilayah Cibugel. “Kuncinya sinergitas dan kemauan yang keras serta berani berspekulasi. Banyak kekayaan alam, dari mulai kayu hutan, teh, jagung, singkong dan lainnya yang belum tergali. Itulah modal yang berharga bagi kemajuan Cibugel,” katanya.

Dengan menyandang motto Cibugel parigel yang artinya “sagala bisa” pemerintah kecamatan Cibugel akan menginplementasikan secara konkrit dengan jalan banyak mendatangkan ahli dari akademisi yang akan memberikan pengetahuan kepada masyarakat Cibugel. [nsa]




sumber :