728 x 90

Berita Sumedang


3.000 Rumah Warga Miskin Dipasang Listrik Gratis
18 Sep 2019 | 12 views

| | |




SUMEDANGKAB.GO.ID, TRUNAMANGGALA - Dirjen Kelistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana melaporkan kedatangannya ke Sumedang adalah untuk memastikan Program Sambung Gratis Listrik bisa berjalan lancar dan tepat sasaran. "Saya ke Sumedang untuk  mewujudkan energi yang berkeadilan. Artinya energi listrik bisa dinikmati oleh seluruh rakyat Indonesia, termasuk rumah tangga yang tidak mampu," kata Dirjen Kelistrikan, Rida yang asli asal Talun, Kecamatan Sumedang Utara ini..

Menurutnya, se-Indonesia masih ada sekira 710.000 KK yang belum terpasang listrik dan memerlukan bantuan. "Bantuan dalam program ini tidak mengambil dari APBN, tetapi sumbangan kontribusi dari perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor ESDM, diantaranya 11.500 KK oleh PT Cikarang Listrindo," katanya.

Di Kabupaten Sumedang, sebanyak 2.012 KK yang terdaftar dalam Basis Data Terpadu (BDT) Rumah Tangga Miskin mendapatkan bantuan dalam Program Sambung Gratis Listrik. "Dari 7.415 KK di Sumedang yang belum terpasang listrik, 940 KK belum masuk BDT. Yang siap pasang ada 2.012 KK. "Atas permintaan Bupati menjadi sekitar 3.000 KK. Jadi sisanya ada sekitar 4.000 KK yang belum," katanya.

Bupati H. Dony Ahmad Munir bersyukur atas terpasangnya listrik melalui program Sambung Gratis Listrik. "Terima kasih kepada semua pihak dalam program ini, semoga menjadi amal kebaikan. Sebagaimana bunyi hadits bahwa barang siapa yang memberi penerangan sewaktu di dunia, ia akan mendapat penerangan di alam akhirat," katanya.

Bupati melaporkan, rasio elektrifikasi di Kabupaten Sumedang sudah mencapai lebih dari 99 %. Sisanya menjadi program bersama antara Kementerian ESDM, Pemerintah Provinsi dan Pemda Sumedang. "Jadi hanya sedikit lagi yang belum. Mudah-mudahan yang 4000 KK ini di Desember 2019 sudah terpenuhi. Sumbernya bisa APBD Kabupaten atau Provinsi, bisa juga melalui CSR seperti ini," kata bupati. [hms/mth]




sumber :