728 x 90

Berita Sumedang


Pemkab Dorong Fasilitas Kesehatan Agar Berkualitas
19 Sep 2019 | 18 views

| | |




SUMEDANGKAB.GO.ID, PEMKAB – Pemkab Sumedang senantiasa mendorong fasilitas kesehatan agar berkualitas. Baik dari segi pelayanan dan semua bidang lainnya. Tercapainya kualitas fasilitas kesehatan akan mendorong warga Sumedang untuk menggunakan faskes tersebut dengan baik hingga akhirnya mengikuti kepesertaan jaminan kesehatan dari JKN-KIS.

“Pemkab Sumedang dan seluruh stakeholder berupaya untuk mendorong berbagai macam program termasuk mendorong setiap fasilitas kesehatan yang ada di kabupaten Sumedang agar senantiasa meningkatkan mutu kualitas layanan serta saling bersinergi dengan pihak terkait, khususnya dengan BPJS Cabang Sumedang,” kata Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan, Kamis (19/9/2019).

Salah satu langkah adalah dengan terus menata setiap fasilitas kesehatan yaitu puskesmas. Mulai dengan penataan aset, penambahan sarana dan perbaikan gedung dilakukan agar puskesmas dapat meningkatkan pelayanan kesehatannya. Menyusul, puskesmas memang telah menjadi Badan Layanan Umum Daerah yang sangat mengutamakan pelayanan dan kualitasnya.

Semakin banyaknya keikutsertaan warga dalam JKN-KIS akan semakin cepat tercapainya Universal healtc Coverage (UHC) yaitu suatu kondisi dimana seluruh warga masyarakat dalam satu daerah atau wilayah seluruhnya terlindungi dengan jaminan kesehatan.

UHC adalah satu bentuk perlindungan sosial di bidang kesehatan yang bertujuan untuk melayani pemenuhan kebutuhan dasar kesehatan yang layak melalui sistem kendali biaya dan kendali mutu berdasarkan asuransi sosial dan ekuitas bagi seluruh penduduk, termasuk di dalamnya masyarakat Kabupaten Sumedang.

Saat ini, kepesertaan JKN-KIS di Sumedang mencapai 77,82 persen. Sumedang dapat dinyatakan mencapai UHC jika kepesertaan JKN-KIS mencapai 95 persen.***(vrs)




sumber :