728 x 90

Berita Sumedang


Situraja Berusia 109 Tahun
19 Sep 2019 | 44 views

| | |




SUMEDANGKAB.GO.ID, SITURAJA – Kecamatan Situraha berusia 109 tahun. Pemerintah Kecamatan Situraja menggelar acara puncak milangkala-nya pada Kamis (19/9/22019). Sejumlah acara mengisi kegiatan milangkala tersebut, antara lain, lomba menari sekoper cinta yang diikuti kaum ibu dari 15 desa. Kemudian lomba tari umbul antar desa, pameran kuliner dan hiburan rakyat. Milangkala kali ini, didasari semangat kebersamaan dan kegotong royongan masyarakat

Sebelumnya sejumlah perlombaan olahraga pun dilaksanakan seperti bola voli antar desa antar lembaga. Acara milangkala bisa jadi parameter masih terpeliharanya budaya guyub antar masyarakat.

Camat Situraja, Sutisna menyebutkan rangkaian milangkala kecamatan dilaksanakan selama satu minggu.

"Ada tradisi khusus yang selalu kita lakukan. Seperti merayakan acara milangkala ini adalah wadah kebersamaan dalam kegembiraan. Semuanya berbaur, berlomba dan berkumpul silaturahmi semua warga dari berbagai desa," katanya

Sutisna menambahkan, pada usia ke 109 diharapkan Situraja menjadi wilayah yang maju dalam pembangunan dan peradaban. Masyarakatnya bisa sejahtera dan secara ekonominya meningkat.

"Antusias masyarakat untuk berlomba,  mengisi berbagai acara adalah wujud mereka peduli pada kebersamaan," katanya.

Disisi lain, Situraja yang memiliki segudang kesenian tradisional bisa dipertunjukan kepada masyarakat. Outputnya selain memelihar seni tradisional juga penguatan potensi wisata seni dan hiburan. ***(nsa)




sumber :