728 x 90

Berita Sumedang


Kwaran Pramuka Jatigede Jamran di Parakankondang
19 Sep 2019 | 36 views

| | |




SUMEDANGKAB.GO.ID, JATIGEDE - Kwartir Ranting (Kwaran) Kecamatan Jatigede menggelar Perkemahan Penggalang atau lebih dikenal Jambore Ranting (Jamran), Kamis (19/9/2019). Jamran di Bumi Perkemahan Parakankondang ini dogelar selama tiga hari, mulai hari Kamis sampai Sabtu, 19-21 September 2019. Gelaran Jamran kali ini mengusung tema "Bersama Komponen Bangsa Siap Sedia membangun Keutuhan NKRI".

Jamran diikuti 1.260 peserta yang terdiri dari 960 peserta SD/MI, 300 orang peserta SMP. Adapun para pembina SD/MI dan SMP yang ikut dalam Jambore sebanyak 95 orang. Selain diisi dengan berbagai kegiatan di siang hari seperti pelatihan semapur, permainan besar balon, pionering, penjelajahan serta perlombaan juga diisi dengan kegiatan yang dilangsungkan di malam hari seperti murottal, pentas seni, penyalaan api unggun daan renungan malam.

Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan selaku Ketua Kwarcab Kabupaten Sumedang mengapresiasi terhadap penyelenggaran kegiatan yang dilaksanakan. "Jamran merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kemandirian, kepemimpinan dan mengembangkan kreatifitas para peserta," katanya.

Ia pun mengharapkan melalui kegiatan tersebut dapat menumbuhkan jiwa kepramukaan yang penuh semangat, produktif dan kreatif serta selalu menjadi generasi muda yang terdepan dalam menjaga NKRI. "Gerakan Pramuka dimanapun berada memiliki kedudukan yang sangat penting dan strategis dalam penyelenggaraan pembangunan sehingga keberadaannya perlu kita dukung bersama," ujar Erwan. [vrs]




sumber :