728 x 90

Artikel Sumedang

Artikel
Website Kabupaten Sumedang


Konser Sarioneng Parakansalak dan Orkes Simponi
| 254 views

| | |



Pemkab Sumedang berkolaborasi dengan Kedutaan Perancis dan Institut Francais Indonesia, mempersembahkan pertunjukan kelas dunia "Impressions Universelles" dengan suguhan utama "Konser Sarioneng Parakansalak dan Orkes Simponi" di Aula Simfonia Jakarta, 11 Mei 2019. 

Gamelan SARIONENG Parakan Salak dibuat di Sumedang pada tahun 1825 yang rancaknya dibuat di Thailand dari kayu besi. Gamelan SARIONENG yang menjadi koleksi Museum Prabu Geusan Ulun Sumedang ini pernah dipamerkan di Amsterdam (1883) pada acara pameran teh, kopi dan kakao sedunia. 

Pada tahun 1889 dipamerkan pada acara exposition promosi The Chicago, Amerika Serikat. Dua set gamelan SARIONENG dengan puluhan nayaga dan penari pada 1889 diangkut kapal laut ke Paris, Perancis. Misi dagang yang dibalut seni budaya dari Hindia Belanda itu ikut memeriahkan peresmian menara Eiffel.

Saat peringatan hari jadi ke-441 Sumedang digelar Konser SARIONENG di Aula Simfonia Jakarta, Sabtu 11 Mei 2019.  Momentum strategis untuk membangun diplomasi budaya serta memancangkan kembali Sumedang Puseur Budaya Sunda menuju Sumedang yang Sejahtera, Agamis, Maju, Profesional dan Kreatif (SIMPATI) 

#ImpressionsUniverselles
#SumedangSimpati 
#KonserSarioneng




sumber :