728 x 90

Artikel Sumedang

Artikel
Website Kabupaten Sumedang


Cicarimanah Desa Penghasil Petai
| 97 views

| | |



Desa Cicarimanah, Kecamatan Situraja, merupakan wilayah penghasil petai terbanyak di wilayah Sumedang. Tak hanya petai, masyatakat Desa Cicarimanah juga mampu memanen hasil bumi lainnya antara lain, pisang, kedongdong, mangga dan rambutan.

"Wilayah kami memang banyak kebun dan hutan. Bahkan di setiap halaman rumah pun kami menanam macam-macam hasil bumi, terutama petai," ujar mantan Kades Cicarimanah, Ruhatma, Senin (23/9/2019).

Ia menyebutkan, pendapatan masyarakat Cicarimanah banyak ditopang dari hasil bumi. 
Makanya, setiap warga dipastikan memiliki pohon buah-buahan yang beragam.  "Hasil bumi yang melimpah membuat kami bisa membiayai berbagai kebutuhan," katanya.

Ia mengatakan komoditas petai, kedondong, mangga dan rambutan tumbuh subur. Hampir 90 persen kebun di wilayah Cicarimanah semua tertanami komoditas tersebut. Meski tak ada data resmi ketika memasuki panen dihasilkan puluhan ton petai.  "Makanya bandar-bandar pasti mencari pete ke wilayah kami," katanya.

Camat Siutraja Sutisna, mengiyakan banyaknya komoditas hasil bumi dari wilayah Cicarimanah.  Wilayah Cicarimanah, kata dia, dijadikan wilayah percontohan untuk pengembangan komoditas hasil bumi. (nsa)




sumber :