728 x 90

Berita Sumedang

Berita
Website Kabupaten Sumedang


Jaga Kualitas Ikan Jatigede, Hindari Bahan Pengawet
11 Juli 2019 | 13 views

| | |



SUMEDANGKAB.GO.ID, WADO - Para pengepul dan pedagang ikan di Bendungan Jatigede dihimbau tidak menggunakan bahan atau zat-zat kimia berbahaya untuk proses mengawetkan ikan agar tetap keliatan segar.  Himbauan tentang larangan pemakaian bahan pengawet secara lisan sudah disampaikan kepada kelompok usaha bersama (KUB) pengepul ikan.

"Kalau kami melakukan monitoring biasanya sekalian memberitahu secara lisan terkait bahayanya pemakaian bahan pengawet pada ikan," ujar Ketua UPTD Perikanan dan Peternakan wilayah Wado, Ir Leti Nuryati, Kamis (11/7/2019).

Menurutnya meski belum ditemukan adanya pengepul atau pedagang ikan yang menggunakan zat atau bahan pengawet. Namun pihaknya wajib menyampaikan himbauan dan larangan pemakaian bahan pengawet. Pasalnya penggunaan bahan pengawet akan berdampak pada kualitas ikan dan berbahaya pada konsumen.  "Diusahakan ikan itu dijual dalam keadaan masih segar. Jangan terlalu di stok terlalu banyak. Adapun kalau stok ikan banyak dan belum terjual harus disimpan di freezer," katanya.

Leti menambahkan, kualitas ikan dari Bendungan Jatigede dinilai baik. Sehingga saat ini laku dijual baik di sekitar Jatigede maupun keluar daerah. Dengan demikian, para pengepul dan pedagang harus bisa menjaga kualitas ikan tersebut.

Sebelumnya, Kasat Polair, Polres Sumedang, Iptu Dodi Supriadi bersama anggota polair juga melaksanakan pendidikan masyarakat dengan melakukan sosialisasi kepada pengepul ikan di sejumlah tempat penampungan ikan di pesisir Bendungan Jatigede wilayah perairan Kecamatan Darmaraja.  Kegiatan itu salah satu pendekatan dengan masyarakat yang berwirausaha sebagai pengepul ikan.

"Kami tekankan agar semua pengepul ikan tidak menggunakan zat zat kimia berbahaya seperti formalin dan borax untuk bahan pengawet ikan. agar para konsumen ikan, terbebas dari penyakit yang dihasilkan dari kimia pengawet," katanya.  (nsa)




sumber :