728 x 90

Berita Sumedang

Berita
Website Kabupaten Sumedang


Peserta SPECTRA Salman ITB Kunjungi DPRD Sumedang
12 Juli 2019 | 16 views

| | |



SUMEDANGKAB.GO.ID, DPRD – Sebanyak empat aktivis mahasiswa dari berbagai universitas yang sedang menjalani kaderisasi Spiritual Enterpreuner Civilizer Training (SPECTRA) Kelompok Ilmu Masjid Salman Institut Teknologi Bandung (ITB), mengunjungi Sekretariat DPRD Sumedang Kamis (11/7/2019).

Di antaranya, satu panitia pendamping Rose Sulistyowati mahasiswa Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Gajah Mada (UGM) dan tiga peserta, yaitu, Syaiful Robiyana mahasiswa Jurusan Bimbingan Konseling Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Banten, Ilma Nurfajriyani Jurusan Pendidikan Biologi UIN Bandung dan Rizki Hastuti Jurusan Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung (ITB).

Kelompok tersebut diterima oleh Kepala Sub Bagian Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Sumedang Eka Mutia HG, S.E, M,M dan Staf Sub Bagian Tata Usaha dan Kepegawaian Asep Irvan.

"Kedatangan ke Setwan guna menggali berbagai informasi perihal penyelenggaraan pendidikan di Kota Tahu dan peran lembaga DPRD dalam memajukannya," kata Rose.

Menurutnya, SPECTRA  merupakan program kaderisasi lanjut bagi aktivis Salman. Dalam kegiatan Spectra 4.0 ini terdiri dari tiga kelompok, yaitu, Kelompok Ilmu, Amal dan Iman. Nantinya, para peserta melakukan pengembaraan ke suatu wilayah untuk meneliti suatu permasalahan yang ditentukan kemudian berupaya mememecahkannya.

“Kami memilih DPRD untuk mengetahui informasi tentang permasalahan dunia pendidikan di Sumedang, kemudian upaya apa saja yang dilakukan DPRD dalam memajukan pendidikan tersebut,”katanya.

Informasi yang didapatkan dari kunjungan tersebut akan diolah oleh kelompok dan dijadikan referensi untuk penyelesaian masalah pendidikan di Kota Tahu sehingga memperoleh solusi yang tepat. “Nanti info-info yang didapat akan dikelola untuk menemukan solusi. Kemudian dipadukan dengan kelompok yang lain,” ujarnya.

Kasubag Humas dan Protokol Eka Mutia mengatakan, peran DPRD dalam menyikapi berbagai hal tidak terlepas dari tiga tugas pokok dan fungsinya, yaitu, legislasi, penganggaran dan pengawasan. Dalam memajukan dunia pendidikan DPRD akan bertindak sesuai tiga tupoksi tersebut.

Dari segi legislasi, DPRD bersama pemerintah merancang peraturan daerah (perda) yang mengatur penyelenggaraan pendidikan dengan menyesuaikan kebutuhan daerah. Dari segi anggaran, DPRD bersama pemerintah menyusun dan menetapkan anggaran pendidikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sesuai dengan perencanaan pembangunan yang sudah ditetapkan.

Kemudian, DPRD akan mengawasi jalannya penyelenggaraan pendidikan dengan melakukan kunjungan fungsi pengawasan ke berbagai penyelenggara pendidikan, mulai dari dinas teknis sampai ke tingkat terbawah. Terlebih, jika ada keluhan masyarakat yang mencuat.

“Selain itu, DPRD juga mempunyai kegiatan reses, yaitu, kegiatan di luar persidangan di mana para anggota turun ke dapilnya masing-masing untuk menampung berbagai aspirasi dari masyarakat, termasuk masalah pendidikan, yang nantinya aspirasi tersebut akan dijadikan bahan pokok pikiran untuk menetapkan kebijakan,” katanya. [dpr]




sumber :