728 x 90

Berita Sumedang

Berita
Website Kabupaten Sumedang


Akhirnya, Pemkab Bertekad Penuhi Seluruh Hak Anak
21 Juli 2019 | 16 views

| | |



SUMEDANGKAB.GO.ID, PEMKAB – Pemkab Sumedang bertekad akan memenuhi hak anak. Mulai dari tersedianya sarana bermain anak hingga perhatian penuh pada anak-anak di usia remaja agar dapat menyalurkan hobi, bakat dan keahliannya dengan baik tanpa tergerus oleh gaya hidup remaja yang buruk. Tekad ini disampaikan Bupati Dony Ahmad Munir terkait dengan penyusunan Raperda Kabupaten Layak Anak yang sebentar lagi tuntas menjadi peraturan daerah karena tinggal menunggu jadwal pengesahan dari DPRD Sumedang.

Baca: kla dikembangkan sejak 2006

“Pemkab Sumedang kini secara mandiri akan bertekas memenuhi seluruh hak anak yang kini sudah diatur kebijakannya dalam perda sebentar lagi disahkan dan diundangkan, nanti kami bertahap akan membuat sarana bermain anak yang edukatif juga wadah dan fasilitas untuk tumbuh kembang anak remaja juga,” kata Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, Minggu (21/7/2019).

KLA adalah kabupaten yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin terpenuhinya hak anak. Setelah tingkat kabupaten, pemkab juga bisa mencanangkan desa layak anak, sekolah layak anak dan puskesmas layak anak.

Pembuatan KLA, menurut bupati, telah selaras dengan langkah pemkab membuat Perda tentang Pengarusutamaan Gender.

Baca: Tiga Alasan Bupati-buat-perda-pug-yang-sebentar-lagi-tuntas

Pada perda ini, pemkab akan mengakomodir kepentingan perempuan yang menunjang fungsi perempuan di keluarga. Pemkab juga akan semakin meningkatkan fungsi peran dan tugas Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak***(vrs)




sumber :