728 x 90

Berita Sumedang

Berita
Website Kabupaten Sumedang


Warga Cimanintin Jangan Khawatir
13 Ags 2019 | 10 views

| | |



SUMEDANGKAB.GO.ID, JATINUNGGAL - Warga Cimanintin, Kecamatan Jatinunggal diminta tidak cemas dalam menghadapi rencana pembangunan Bendungan Kadumalik.  Camat Jatinunggal Edi Wahyu menegaskan, pemerintah akan menjamin hak-hak warga serta akan membuat langkah kebijakan yang sesuai dengan harapan masyarakat, ketika Bendungan Kadumalik jadi dibangun.

"Kami tidak mau seperti yang sudah-sudah (seperti persoalan Bendungan Jatigede). Pemerintah akan menjamin warganya saat dari mulai awal proses berlangsung. Jadi jangan khawatir," ujar Edi, Selasa (13/8/2019).

Edi menggambarkan, saat ini proses rencana pembangunan Bendungan Kadumalik memasuki tahap sosialisasi. Baru-baru ini, kata Edi dilakukan quisioner oleh pihak konsultan terhadap warga Cimanintin. Dalam quisioner itu warga diminta menjawab terkait arah minat relokasi dan pertanyaan berkaitan dengan berbagai aspek menjelang pembangunan bendungan. 
"Dalam quisioner juga, apakah warga dalam relokaso mau difasilitasi pemerintah  atau kehrendak sendiri. Makanya nanti juga pemerintah memberikan opsi ke masyarakat.Syukur- syukur pemerintah bisa memfasilitasi segala sesuatunya," kata Edi.

Sepengetahuannya, resahnya warga karena terpikirkan mata pencaharian seandainya mereka harus pindah dari Cimanintin. Dengan demikian pemerintah akan mengambil langkah ketika mereka pindah harus juga dipikirkan terkait peluang mata pencahariannya.
"Langkah-langkah itu tentunya pasti dipikirkan jauh hari. Yang penting warga jangan sampai mengalami kerugian," katanya.

Dikatakan, hingga kini pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS ) Cimanuk-Cisanggarung juga belum menetapkan data titik-titik yang akan tergenang, jumlah pemukiman yang terendam dan lahan yang dibebaskan.
 
Namun demikian untuk mengantisipasi kekeliruan data, pihak pemerintah kecamatan sudah mengintruksikan warga agar secepatnya melengkapi data administrasi, seperti KTP, KK dan surat- surat tanah. Kemudian menginventarisir aset lahan dan data administrasi lainnya.

"Yang kira-kira pemukimana atau lahannya tergenang harus cepat melengkapi berbagai administrasi," katanya.

Edi menghimbauan masyarakat Cimanintin jangan cemas  dalam menghadapi rencana pembangunan bendungan karena pemerintah akan memberikan jaminan kepada warga dari mulai proses awal hingga pascapembangunan. (nsa)




sumber :