728 x 90

Berita Sumedang

Berita
Website Kabupaten Sumedang


Sumedang Menjadi Kabupaten Keempat RIoT
13 Ags 2019 | 19 views

| | |



SUMEDANGKAB.GO.ID, KOTA -  Kasubit Pemberdayaan Kapasitas TIK Kominfo, Arif kurniawan menyebutkan  Kabupaten Sumedang menjadi kabupaten/kota keempat yang melaksanakan Republic Of Internet of Thing (RIoT). Arif menjadi pembicara seminar dan workshop Artificial Intelligence and Internet of Thing (AIoT)

RIoT merupakan kegiatan besar dengan tujuan Sumedang menuju Smart City.
 "Sumedang merupakan kabupaten/kota keempat yang telah melaksanakan RIoT, kegiatan ini bertujuan mengantarkan Sumedang menuju Smart City," Ujar Arif, Selasa (13/8/2019).

Arif menambahkan bahwa untuk menuju smart city tidak hanya didukung dengan komponen pemerintahnya saja melainkan juga didukung oleh smartizen atau partisipasi publik dalam mencari pemecahan setiap masalah menggunakan teknologi informasi.
 "Smart city menjadi suatu kebutuhan dengan didukung smartizen atau partisipasi publik yang bagus tidak hanya dalam penggunaan pelayanannya namun juga dapat membantu memecahkan masalah dengan solusi berbasis teknologi," kata Arif.

Menurutnya, smartizen harus mampu membantu Sumedang menjadi icon kota yang tidak hanya dikenal akan budaya masa lalunya namun juga pemanfaatan teknologi informasi dalam penyelesaian masalah di masyarakat.
"Bagaimana Sumedang dikenal bukan tentang masa lalunya namun penyelesaian masalah menggunakan IoT di setiap masalah yang ada di masyarakatnya," kata Arfi.

Garuda Sugardo,Pelaksana WANTIKNAS mengatakan sudah seharusnya ponsel atau internet mempermudah dan memajukan bukan mengganggu.  "2019 seluruh rakyat Indonesia tidak boleh gaptek, ponsel kecepatan tinggi harus memperdayakan  kita. Sumedang Smart city  harus menjadi kota berbasis internet semua nyambung internet, harus inovasi dalam penggunaan internet atau ponsel di masyarakatnya, seperti membuat suatu branding baru di masyarakat," kata Garuda. (rtn)




sumber :