728 x 90

Berita Sumedang

Berita
Website Kabupaten Sumedang


Ayo Manfaatkan Pekarangan
12 Sep 2019 | 19 views

| | |



SUMEDANGKAB.GO.ID, PKK – PKK Kabupaten Sumedang mengajak para ibu rumah tangga untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumah. Pekarangan dapat menyediakan pangan yang beranekaragam bagi keluarga.

“Kegiatan pengembangan pekarangan diutamakan untuk dapat berfungsi untuk menambah gizi keluarga, meningkatkan penghasilan, serta sebagai sasaran pendidikan meupun sarana penyuluhan untuk ibu rumah tangga dan masyarakat,” kata Ketua PKK Kabupaten Sumedang Susi Gantini, Kamis (12/9/2019).

Menurut Susi, pekarangan merupakan lumbung pangan dan lumbung gizi keluarga yang selama ini belum dimanfaatkan secara optimal. Kurangnya pengetahuan ibu rumah tangga tentang arti pentingnya pangan yang bergizi akan berakibat pada anak-anak.

Himbauan pemanfaatan pekarangan ini juga sama-sama disampampaikan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Holtikultura Kabupaten Sumedang. Sayuran dan buah-buahan bisa ditanam di sana sehingga rumah tangga dapat memenuhi kebutuhan sayuran dan buah-buahan.

"Ketahanan pangan nasional dimulai dari keluarga. Kalau keluarga tahan pangan, secara nasional juga akan tahan pangan," ujar Susi.

Lebih lanjut, pemanfataan pekarangan rumah untuk bertani, berkebun, dan beternak sedikit-demi sedikit dapat mengatasi kekurangan gizi, minimnya penghasilan keluarga, dan kurangnya keanekaragaman pangan di keluarga. Solusi ini bisa dilakukan di tataran keluarga yang dilakukan oleh setiap keluarga. Sementara, pada tataran pemerintahan, PKK dan dinas-dinas terkait lainnya juga berperan mengatur dan memantau kecukupan pangan serta memastikan pendistribusian pangan tepat dan aman. Disamping itu, lancarnya usaha pertanian juga menjadi penentu terhadap ketahanan pangan.***(vrs)




sumber : foto diambil dari https://www.google.co.id/imgres?imgurl=http%3A%2F%2Fstat.ks.kidsklik.com%2Fstatics%2Ffiles%2F2013%2F10%2F138209408087396031.jpg&imgrefurl=http%3A%2F%2Finspirasi-berkebun.blogspot.com