728 x 90

Berita Sumedang

Berita
Website Kabupaten Sumedang


Desa Nyalindung Bangkitkan Gairah Warganya
12 Sep 2019 | 64 views

| | |



SUMEDANGKAB.GO.ID, CIMALAKA- Pemerintah Desa Nyalindung selalu berusaha membangkitkan gairah wirausaha warganya yaitu membuat karya, menghasilkan produk yang berguna, disukai banyak orang dan laku di pasaran.

“Kami terus menerus membangkitkan gairah warga untuk berusaha dan bertekad menindaklanjuti program bupati untuk merealisasikan terkait program One Vilage One Product memanfaatkan produk kerajinan tangan warga sebagai produk unggulan," kata Kepala Desa Nyalindung Budi Yanto, Kamis (12/9/2019).

Desa selalu memberikan pelatihan-pelatihan untuk mengembangkan bakat pelaku usaha. Semua produk dan hasil karya yaitu berbagai kerajinan ditampung di BUMDes Nyalindung Bersatu. Pihak desa juga mengajak pelaku usaha rumahan untuk membuat workshop khusus sehingga lebih mumpuni dalam membuat karyanya. Pelatihan diantaranya dari mulai pelatihan pembuatan produk, hingga cara pengemasan yang menarik.

Hasilnya, sejumlah produk kerajinan tangan diantaranya sepatu rajut, tas rajut, aneka makanan ringan, wadah tisu, celengan, sendal, baju, dan gantungan kunci cantik mampu dan berhasil di produksi warga Desa Nyalindung, Kecamatan Cimalaka.

Produk-produk tersebut, dibuat di rumah masing-masing warga yang punya industri rumahan. Kini pihak desa melakukan berbagai inovasi dalam pemasarannya.***(nsa)




sumber :