728 x 90

Berita Sumedang

Berita
Website Kabupaten Sumedang


Rencanakan Perbup untuk Buat Perpustakaan Desa
21 Sep 2019 | 23 views

| | |



SUMEDANGKAB.GO.ID, PEMKAB - Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir berencana akan merancang peraturan bupati  yang mengamanatkan agar dalam Dana Desa dianggarkan pembangunan perpustakaan di tiap desa.

"Ini adalah bentuk komitmen pemda untuk mengarahkan kebijakan yang sesuai dengan gerakan literasi. Bahkan mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan, sampai desa telah ada Bunda Literasi yang sekaligus sebagai Ketua TP PKK Sumedang," kata bupati, Sabtu (221/9/2019).

Kebijakan untuk membangun perpustakaan desa memang belum menjadi kebijakan popular, namun di sejumlah daerah kabupaten di Jawa Barat, seperti Majalengka dan Bandung, pemerintah daerahnya sudah menargetkan dalam beberapa tahun mendatang setiap pemerintahan desa mempunyai perpustakaan desa.

Kini, kebijakan pembentukan perpustakaan desa akan diawali dengan keberlangsungan Kampung Literasi di kawasan wisata Buricak Burinong di Cisema Jatigede.

“Cisema sudah menjadi Kampung Literasi dan menjadi pusat berbagai kegiatan literasi. Semoga Kampung Buricak Burinong ini bisa menjadi 'role model' Kampung Literasi se-Indonesia," kata bupati.

Pemkab Sumedang juga aktif memfasilitasi hadirnya pojok-pojok baca yang mudah diakses oleh masyarakat di tempat-tempat umum.

"Di berbagai fasilitas umum seperti di mall, alun-alun, dan mesjid sudah ada pojok baca. Malahan rencananya di salaha satu sudut Alun-alun Sumedang yang sekarang dalam proses penataan akan ada perpustakaan termegah dan menjadi kebanggaan warga Sumedang," katanya.***(vrs)

 




sumber :