728 x 90

Berita Sumedang

Berita
Website Kabupaten Sumedang


Antisipasi Datangnya Musim Hujan 2019/2020 DLHK Kabupaten Sumedang Keluarkan Himbauan
18 Okt 2019 | 54 views

| | |



SUMEDANGKAB.GO.ID, DLHK. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memperkirakan awal musim hujan di wilayah Kabupaten Sumedang terjadi antara Minggu III Oktober – Minggu I Desember dengan puncak musim hujan antara Januari – Februari 2020.

 

Mengantisipasi datangnya musim penghujan Tahun ini, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Sumedang mengeluarkan himbauan kepada penanggung jawab usaha dan/atau kegiatan untuk melaksanakan pengelolaan/pemantauan lingkungan sesuai dengan RKL-RPL/UKL-UPL.

 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Sumedang, Ir Yosep Suhayat mengatakan bahwa himbauan itu dikeluarkan terutama kepada penanggung jawab usaha dan/atau kegiatan yang bergerak dibidang pembangunan perumahan dan pembuangan tanah/disposal. “Di wilayah Kabupaten Sumedang saat ini banyak kegiatan pembangunan perumahan dan pembuangan tanah/disposal sebagai konsekuensi dari proyek pembangunan”. Ujar Yosep.

 

Lebih jauh Yosep mengemukakan bahwa lokasi usaha/kegiatan tersebut ada yang berada di wilayah perbukitan sehingga apabila memasuki musim penghujan berpotensi terjadi peningkatan air larian (run off) yang membawa sedimentasi bahkan berpotensi terjadi longsoran. “kami mencatat ada beberapa lokasi kegiatan yang berpotensi terjadinya peningkatan run off dan timbulnya longsor yang kemungkinan akan menimbulkan dampak merugikan terhadap lingkungan sekitar”.Lanjut Yosep.

 

Ditempat terpisah, Kepala Bidang Penataan dan Penaatan Hukum Lingkungan, Budi Irawan, melalui Kepala seksi Pembinaan dan Pengawasan, Fery Satria, mengatakan akan menindaklanjuti himbauan tersebut dengan lebih mengintensifkan pemantauan terhadap pelaksanaan RKL-RPL/UKL-UPL yang dilakukan oleh penanggung jawab usaha dan atau kegiatan. “Kami akan monitor pelaksanaan pengelolaan lingkungan yang dilakukan oleh penanggung jawab usaha, jika ada yang belum dilaksanakan, maka kami akan memberikan peringatan, teguran bahkan sampai pemberian sanksi administratif”. Ujar Fery. [FSS]




sumber :