728 x 90

Berita Sumedang

Berita
Website Kabupaten Sumedang


Tiupan Angin Kencang Batalkan Lomba Lintas Alam Paralayang
24 Okt 2019 | 45 views

| | |



SUMEDANGKAB.GO.ID, CISITU - Meet Director West Java Paragliding Championship (PWC) 2019, Bodhi Asoka Suprana, membatalkan  putaran pertandingan paralayang kategori lintas alam dihari kedua di venue Batudua, Cisitu, Kamis (24/10/2019).

Ditundanya pertandingan kategori lintas alam tersebut, dikarenakan faktor cuaca terutama kecepatan angin yang tidak akan bersahabat untuk para pilot melakukan penerbangan. Keputusan itu disampaikan Bodhi sekitar pukul 12.00 siang. "Hari ini cuaca tidak memungkinkan untuk adanya penerbangan. Sehingga penerbangan ditunda atau tidak dipertandingkan pada hari ini," kata Bodhi.

Ia menyampaikan, kondisi kecepatan angin dari mulai pagi berkisar 45 km/jam. Sedangkan kecepatan angin yang aman untuk penerbangan paralayang berkisar pada 20 km/jam. "Pada kecepatan angin 30 km per jam saja tidak akan kami izinkan terbang. Sangat beresiko bagi pilot," katanya.

Ia menambahkan, karena jika saja tidak mengindahkan kondisi cuaca bisa berdampak fatal pada para pilot. Pihaknya tidak bisa melanggar ketentuan tersebut karena sudah menjadi ketentuan yang ada di federasi aerosport internasional.

"Para pilot happy karena memang mereka tidak mau beresiko terbang dengan kondisi cuaca yang beresiko. Dilakukan dimanapun di dunia yang pertama adalah safety " katanya.

Ia pun menegaskan, jika saja kondisi cuaca yang sama terjadi pada hari berikutnya. Kemungkinan pertandingan tetap tidak akan dilaksanakan. (nsa)

 

 




sumber :